Friday, October 19, 2012

Soto Ayam Sederhana

Beneran deh saya tergoda kalo liat poto makanan. Apalagi makanannya tuh yang khas Endonesah dan berkuah dan sedep kayak Soto Ayam. Nyusahin aja ya. Akhirnya, pas anak-anak udah tidur, walau saya juga pengen tidur, langsung ke dapur dan berjuang mendapatkan semangkok Soto Ayam. Dan, yak, telornya tinggal satu butir saja sodara-sodara...


Soto Ayam must go on. Dengan mencontek resep soto ayam sederhana itu, pelan-pelan saya siapin dah semua printilan Soto Ayam. Dan alhamdulillah. Soto Ayam is on its way. Yippie!

Soto Ayam Check List
Kaldu ayam
Kentang goreng
Ayam suwir
Telor rebus
Lontong
Daun bawang
Sambel

Harusnya ada soun segala tapi kalo nunggu soun kapan jadinya Soto Ayam saya?

1. Kaldu Ayam
Rebus ayam (saya cuma punya 6 potong sayap) untuk mendapatkan kaldu. Rebus sampe dua kali supaya air kaldunya bening. Tambahkan jahe (saya pake yg bubuk) kira-kira 1 sdt; kunyit (saya pake saffron), 1 sdt; garam dan merica secukupnya. Saya pake daun reyhan dan daun salam sebagai ganti sereh. Itu kayaknya hanya untuk menambah aroma. Masak dengan api kecil sampe matang. Kalo udah mateng, angkat ayam dan taburi bawang putih goreng. Jangan lupa dicicipi rasanya.

2. Kentang Goreng
Ambil 3 buah kentang, potong serasi sesuai selera. Sebaiknya tipis dan kecil supaya bisa garing seperti kripik. Goreng hingga kekuningan.

3. Ayam suwir
Ayam yang direbus diangkat dan digoreng sebentar lalu disuwir.

4. Telor rebus
Siapkan telor (jumlah bebas ya, nek), rebus hingga matang, kupas, dinginkan dan belah dua.

5. Lontong
Lihat resep lontong warteg gaziantep yak.

6. Daun Bawang
Cuci dan iris halus. 

7. Sambal 
Kalo ini saya pake sambal stok aja: cabe, bawang, tomat, rebus, blender, tumis, garami, jadi deh.

Saran penyajian:
Tata lontong, kentang, ayam suwir dan telor di dalam mangkok dan siram dengan kuah soto yang sudah mendidih. Sajikan bersama sambal.


Soto Ayam Kehabisan Telor Rebus :/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...