Wednesday, March 30, 2016

Coffee Buns yang Bikin Ketagihan




Assalamualaikum.

Coffee Buns.
Ketika memanggangnya, harum semerbak kopi menguar di seantero dapur. Tiba-tiba saya langsung di "teleport" ke Kelapa Gading Mol, tempat dimana aroma coffee buns bisa saya temui. Tapi seingat saya, selama saya bergaul di sekitar Kelapa Gading yang mempunyai banyak toko roti yang menjual coffee buns, belum pernah sekalipun saya membelinya. Lalu kenapa saya jadi pengen coffee buns ketika jauh dari para tukang roti? Why?

Kembali ke dapur. Percobaan pertama: begitu itu roti kelar dipanggang, si anwar (anak warteg aka si kembar), langsung nagih. Alhasil dari 10 buns, 7 habis disantap. Sisa 3 untuk Babanya. Kalo ga mau, anwar dan ibunya siap menghabiskan. Hehehe.

Percobaan kedua pun demikian, malah membuat si anwar nagih minta lagi. Jadilah ibu kembali memanggang coffee buns. Akhirnya, ibu memakai resep roti sobek untuk rotinya. Resep ini juara banget karena hanya diukur dengan gelas minum biasa dan hasilnya empuk. Jadi, silakan dicoba.

Coffee Buns
Bahan:
Roti
4 gelas terigu*

1 sdm ragi instan
10 sdm gula
1 gelas susu

1 sdt garam
1/2 gelas yogurt
1/2 gelas minyak sayur
1 butir telur, kocok lepas

*gelas/cangkir yang dipakai berukuran 200ml atau gelas belimbing

Topping:
(dari Amal's Kitchen)
50 g mentega (unsalted butter)
50 g gula halus
1 butir telur
60 g terigu protein rendah
15 g susu bubuk (skip)
1 sdt kopi instan hitam, larutkan dengan 1 sdm air panas, dinginkan
1/2 sdt pasta coffee moca (skip)


Cara membuat:
1. Larutkan gula pasir bersama susu hangat. Tambahkan ragi. Diamkan sebentar.
2. Campur yogurt, garam, minyak sayur serta telor, aduk rata.
3. Tuang campuran susu ke dalam campuran terigu, aduk, tambahkan campuran yogurt, aduk kembali dengan sendok hingga menyatu.
4. Pindahkan ke meja yang sudah diberi terigu, uleni hingga kalis elastis (10-15 menit). Jika adonan masih terasa lengket, celupkan tangan ke terigu dan uleni kembali adonan sampai kalis elastis.
5. Siapkan wadah yang sudah dioles minyak. Pindahkan adonan ke dalam wadah dan tutup dengan handuk dan simpan di tempat hangat (oven dengan suhu 50 der C dengan lampu menyala) selama 1 jam (atau sampai adonan mengembang dua kali lipat).
6. Kempiskan adonan dan bagi sesuai selera. Bulatkan. Tutup adonan dengan serbet dan biarkan mengembang (30-60 menit).
7. Buat toppingnya, Kocok mentega dan gula halus hingga lembut. Masukkan telur, kocok rata. Masukkan terigu dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan air kopi dan pasta coffee moca. Aduk rata. Masukkan ke dalam kantong segitiga/piping bag. Simpan dalam kulkas hingga akan dipakai.
8. Panaskan oven 190 der C. Semprotkan topping di atas roti dengan cara melingkar hingga 3/4 permukaan roti. Buat jarak lingkaran yang berdekatan supaya ketika meleleh, ia meleleh dengan rata dan bagus.
9. Panggang adonan selama 20 menit (jangan lupa adonan diputar supaya matangnya rata).
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...