Saturday, February 9, 2013

Mie Jamur

Nasib seseorang yang tinggal jauh di negeri mbah Atatürk adalah kalau dia mau jajanan khas kampung halaman, dia harus kreatif (kalau ga mau dibilang nyleneh, hehe) supaya jajanan khas kampung itu bisa disantapnya. Tulisan ini khusus buat temen-temen Indonesia yang berada di Turki dan kepengen mie ayam. Semoga bermanfaat. ^^!




Dalam rangka memenuhi hasrat kepengen mie ayam, kang Warteg mulai mencicil printilan mie ayam biar bisa
bikin mie ayam yang kumplit, plit.

Pertama, pas belanja di hari Jumat, kang Warteg beli jamur yang agak banyakan. Si jamur bisa ditumis sebagai ganti ayam yang kadang suka lupa dibeli. Jadi ganti deh, mie jamur bukan mie ayam. Kalau mau pake ayam, beli aja sepotong dada ayam, potong kecil-kecil trus ditumis. Biar agak manis kasih gula waktu menumis atau pekmez karena kecap manis belum sampe juga di Turki. :p

Kedua, pas beli kulit yufka, kang Warteg goreng aja tuh kulit. Biasanya, kulit yufka dibuat martabak telor atau diisi apel atau pisang dan coklat beras. Simpan di lemari es buat stok cemilan. Kali ini, khusus, buat temen mie jamur saja.

Ketiga, pas bumer beliin daging kalkun buat kang Warteg, langsung deh bagian dada dan paha atas dibuat bakso. Judulnya, kalo pengen bakso, kudu rajin bikin dan nyetok bakso walau dari daging kalkun. Tapi bakso kalkun enak koq. Teksturnya mirip bakso urat padahal digiling halus dengan mesin.

Dan, pas hari kepengen mie jamur itu datang, kang Warteg bisa langsung bikin deh. Mie-nya pake spaghetti aja karena mie telor cuma dijual di Metro yang letaknya jauh banget dari rumah. Kuahnya, rebus aja tulang kalkun dan air supaya dapat kaldu. Jangan lupa dikasih jahe dan garam serta merica dan bawang putih. Kecap asin buat bumbu si mie-nya? Saya pake minyak zaitun dan garam.

Akhirnya, jadi deh mie jamur plus bakso dan kerupuk pangsit. Alhamdulillah. Afiyet olsun. ^_^.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...